BEST Community Development (CD) didirikan pada tahun 2006. Lahir sebagai sebuah lembaga non pemerintahan (NGO) independen di bawah Yayasan Mitra Pemberdayaan Indonesia yang bergerak dalam bidang pengembangan masyarakat. BEST CD merupakan lembaga outsource dari salah satu Baitul Mal. Baitul Mal tersebut berperan sebagai lembaga funder bagi BEST CD di dalam melakukan kegiatan pengembangan masyarakat.

Pada mulanya Baitul Mal tersebut memberikan program beasiswa prestatif bagi beberapa orang mahasiswa. Beasiswa ini mengharuskan setiap penerimanya untuk aktif di daerah masing-masing. Di dalam perjalanannya, ada beberapa orang mahasiswa yang tidak dapat aktif di daerah, sehingga pihak Baitul Mal memberikan solusi untuk memberikan kegiatan pengabdian berupa bimbingan belajar di wilayah Tegal Luar. Setelah berjalan beberapa waktu, ternyata program bimbingan belajar tersebut tetap bertahan dan mendapat sambutan positif dari masyarakat karena membantu anak-anak di dalam belajar.

Akhirnya, para mahasiswa yang semula hanya menjalankan program demi kelangsungan beasiswa prestatif yang mereka dapatkan kemudian mengusulkan agar dibuat lembaga legal yang dapat menaungi berbagai kegiatan pengabdian dan pengembangan masyarakat. Maka, dibentuklah Best CD sebagai wadah yang menaungi kegiatan tersebut.

best cd