BEST CD -  WISATA BELAJARJAKARTA – Pendidikan Alternatif Pra Sekolah (PAPS)-PAUD PPA dari 3 wilayah melaksanakan wisata belajar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada hari kamis (28/8/2014). Program wisata belajar ini dilaksanakan atas kerjasama PT. PPA (Perusahaan Pengelola Aset) dan Best CD. Kegiatan yang merupakan agenda rutin PT. PPA setiap tahunnya ini diikuti 3 PAUD PPA dari wilayah Cianjur dan Bandung.

Alhamdulillah, Best CD dan ketiga PAUD gratis dari wilayah binaan kami terpilih dan bisa berpartisipasi dalam program rutin wisata belajar PT. PPA untuk tahun 2014 ini. Tiga wilayah PAUD yang mengikuti kegiatan ini yaitu PAUD Batulawang-Cianjur, PAUD Ciwidey-Bandung dan PAUD Burangrang-Cisarua Bandung. Sekitar 117 anak, orang tua dan para guru mengunjungi beberapa wahana diantaranya PP IPTEK, IAAI (Istana Anak-Anak Indonesia) dan Theater Imax Keong Mas,” ucap Tyo, dari Best CD.

Tyo menambahkan, ketiga PAUD tersebut dipilih pihak PPA sebagai prioritas dalam kegiatan wisata belajar di tahun 2014 yaitu karena ketiganya dalam area yang berdekatan. “Selain itu, ketiga PAUD ini tidak memiliki agenda wisata belajar selama 1 tahun ajaran kemarin, mayoritas berasal dari ekonomi bawah dan ketiganya memiliki keinginan yang sama yaitu berwisata ke Jakarta.”

Lebih lanjut ia menambahkan, lokasi wisata belajar di di Taman Mini Indonesia Indah ini  dipilih PT. PPA, dengan pertimbangan yaitu selain berwisata, para siswa diajak untuk beredukasi mengenai banyak hal. “Di sini, anak-anak bisa belajar keberagaman budaya Indonesia, mengenal kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di museum PP IPTEK dan keceriaan anak melalui wahana di Istana Anak.”

“Terkait manfaat program wisata belajar ini—seperti yang disampaikan PT. PPA—adalah sebagai bentuk monitoring dan sosialisasi PT PPA terhadap PAUD-PAUD di bawah binaan PPA dan ajang silaturaim dan sharing murid, guru serta orang tua murid antar PAUD PPA, sehingga memunculkan sense of belonging dan relasi yang baik untuk semuanya.”

“Kegiatan wisata belajar ini memiliki banyak manfaat bagi para anak-anak. Selain mengenalkan tempat dan situasi yang baru, anak diajarkan untuk dapat bersosialisasi lebih baik, belajar langsung dengan menjumpai objek nyata dan memberikan pengalaman yang pastinya akan memberikan dampak positif pada kognitif dan afektif anak, ”ucap Tyo.

Nemah Siti Ningrum, koordinator guru PAPS – Best CD memaparkan,dengan wisata belajar ini anak-anak dapat belajar mengenal alam dan isinya secara langsung bukan dari buku pelajaran saja tetapi secara visualisasi dan nyata. “Kegiatan ini bisa diharapkan bisa merangsang perkembangan motorik anak dan secara tidak langsung melakukan kegiatan berolahraga, karena dengan wisata belajar ini, anak-anak bergerak lebih aktif untuk mengeksplorasi keadaan sekitarnya. Dengan kegiatan ini juga, anak-anak bisa bersosialisasi dengan ceria terhadap sesama teman, guru maupun orang-orang yang ada disekitarnya, seperti keceriaan hari ini,” tuturnya.

Tak hanya keceriaan anak-anak dalam kegiatan wisata belajar ini, orang tua siswa pun merasa antusias dengan wisata belajar ini.  “Saya senang melihat anak saya ceria dan belajar di sini, bersama banyak temannya. Anak saya senang dapat kaos sama tas gratis. Bisa main di Istana Anak, terus waktu nonton peragaan ilmu pengetahuan dan nonton film. Saya juga udah tua dapat pengetahuan baru. Pokonya anak saya betah di sini terus, saya juga gak nyangka bisa main gratis ke Jakarta, selama ini kan cuma lihat di tivi, hatur nuhun nya…” ungkap Ibu Rina, orang tua siswa dari Cisarua .

Tak kalah dengan Ibu Rina, Ibu Aas dari Ciwidey mengaku senang dengan wisata belajar ini. “Terima kasih kepada PT. PPA dan Best CD, susah diucapkan dengan kata-kata. Bingah taya papadana. Umur sudah 65 tahun baru tahu dan datang jalan-jalan wisata ke Jakarta, mudah-mudahan jadi amal kebaikan bapak-ibu yang berlipat ganda oleh Allah, Jazakumullah,” ungkapnya sumringah.*** [/mif]