TK GRATISBEST CD – Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Minimnya akses pendidikan bagi golongan masyarakat yang tidak mampu menjadi suatu hambatan yang besar untuk mengembangkan dirinya agar dapat meningkatkan taraf hidupnya. Keberadaan Taman Kanak-kanak (TK) gratis dapat menjadi solusi khususnya bagi masyarakat dari kalangan menengah ke bawah untuk memenuhi kebutuhan anaknya akan pendidikan.

Pendidikan dasar pra sekolah begitu penting sebagai sebuah usaha persiapan anak dalam program wajib belajar 9 tahun. Namun demikian, tidak semua orangtua mampu mengikutsertakan putera-puteri mereka di pendidikan dasar formal Taman Kanak-kanak (TK). Salah satu unit kerja BEST CD yang memberi kesempatan bagi anak kurang mampu untuk dapat mengenyam pendidikan adalah Program Pendidikan Alternatif Pra Sekolah (PAPS).

Biaya pendaftaran yang tinggi menjadikan TK termasuk ke dalam lembaga pendidikan eksklusif bagi keluarga kalangan menengah ke bawah. Mengingat pentingnya pendidikan dasar pra sekolah dan minimnya kesempatan yang diperoleh anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu, BEST CD menggagas bentuk sarana pendidikan gratis melalui program pendidikan TK alternatif.  Pendidikan Alternatif Pra Sekolah (PAPS) setara TK plus selain didasari pada penguatan akademis bagi anak didukung pula pada penguatan ruhani orang tua yang dilakukan melalui pembinaan.

Pelaksanaan TK gratis dibantu oleh guru-guru yang berasal dari daerah setempat. Penentuan guru TK gratis yang berasal dari daerah setempat selain ditujukan bagi efektifitas SDM juga dimaksudkan agar pemahaman mengenai kedaerahan telah terbangun. Hingga saat ini BEST CD telah melaksanakan program TK Gratis di 15 TK gratis dan telah meluluskan lebih dari 800 orang siswa, diantaranya PAPS Nurul Muttaqin Arjasari Kab. Bandung, PAPS Ummu Sulaim Awiligar Cibeunying Kab. Bandung, PAPS Anak Sholeh Cirangrang Kota Bandung, PAPS Gambung Ciwidey Kab. Bandung, PAPS Parung Serab Soreang Kab. Bandung, PAPS Bojong Koneng Kab. Bandung, PAPS Ujungberung Kota Bandung, PAPS Kiaracondong Kota Bandung

Yang lainnya, diantaranya PAPS Margasari Kota Bandung, PAPS Bojongsoang Kab. Bandung, PAPS Cibiru Kab. Bandung, PAPS Cikancung Majalaya Kab. Bandung, PAPS Burangrang Cisarua Kab. Bandung Barat, PAPS Batulawang Cipanas Kab. Cianjur dan PAPS Cikelet Kab. Garut Selatan

Berdasarkan data laporan terakhir tim BEST CD (Februari 2014), diantara 15 TK gratis tersebut, yang saat ini membutuhkan bantuan dana operasional adalah PAPS Gambung, PAPS Burangrang, dan PAPS Batulawang. Oleh karena itu, sangat tepat sekali apabila donatur memberikan bantuan operasional untuk TK gratis tersebut sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Barat

Tujuan Program diantaranya adalah membantu mempersiapkan anak untuk dapat menghadapi dunia pendidikan; menyediakan lembaga persiapan pendidikan murah bagi masyarakat ekonomi lemah; mewujudkan program Corporate Responsibility yang sustainable di bidang pendidikan; ikut berperan aktif dalam mengatasi permasalahan bangsa khususnya di bidang pendidikan; dan merealisasikan wujud kepedulian perusahaan terhadap perkembangan dunia pendidikan.

Sedangkan manfaat program ini bagi masyarakat, adalah tersedianya lembaga pendidikan yang murah bagi masyarakat ekonomi lemah; terbukanya peluang bagi masyarakat untuk membekali anak-anaknya dengan ilmu pengetahuan dan wawasan yang memadai dan  terbentuknya forum orangtua siswa sebagai wadah bagi masyarakat untuk saling berbagi tenaga, materi maupun pikiran untuk mengembangkan pendidikan di wilayahnya.

Manfaat bagi donatur perusahaan, yaitu terealisasinya wujud kepedulian perusahaan terhadap perkembangan dunia pendidikan; lebih mendekatkan perusahaan kepada masyarakat; dengan adanya branding perusahaan di TK gratis yang diberikan bantuan operasional, dapat menjadi citra positif bagi perusahaan di mata masyarakat dan dapat menjadi salah satu media promosi perusahaan.

Walhasil, keberadaan TK Gratis layak untuk dipertahankan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, terutama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaan. Semoga apa yang direncanakan dan yang telah dilakukan dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan generasi yang akan datang. Semoga apa yang kita rencanakan dapat berjalan baik mencapai tujuan, yakni pengentasan kemiskinan.

Best Community Development
Yayasan Mitra Pemberdayaan Indonesia
www.bestcd.org