Jamban RabbaniBEST CD – Jamban umum adalah jamban yang dapat digunakan oleh setiap warga desa/kelurahan yang bersangkutan maupun masyarakat lainnya. Banyaknya pengguna jamban umum setiap harinya menyebabkan jamban terlihat kotor, licin dan gelap sehingga menimbulkan kondisi yang tidak sehat dan tidak nyaman bagi warga yang menggunakannya. Melihat kondisi tersebut, BEST-CD bekerjasama dengan RABBANI mengadakan Program Bina Lingkungan Jamban Sehat Rabbani (06 Februari 2012 – 18 April 2012).

Pada mulanya program ini lahir dari proses assesment BEST-CD di beberapa lokasi jamban di Kota Bandung. Pencarian jamban diantaranya jamban yang sudah rusak. Dengan dukungan RABBANI, maka pelaksanaan renovasi/ perombakan dilaksanakan dengan pembuatannya yang memenuhi syarat-syarat kesehatan. Setelah direnovasi, jamban terlihatsangat segar, bersih dan sangat layak untuk digunakan.

Renovasi jamban dilaksanakan dibeberapa jamban yang berlokasi di kota Bandung, diantaranya di Jalan Puyuh (Pasar Tilil) Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong; di Lemah Neundeut Kelurahan Cikutra Kecamatan Cibeunying Kidul; di Jalan Pangaritan Kelurahan Cipadung Kecamatan Ranca Sari; di Jalan Arhanduri Kelurahan Batununggal Kecamatan Bandung Kidul dan di Desa Mekar Jati Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Wetan.

“Dibeberapa lokasi jamban, sebelum dibangun ulang, kondisinya sangat memprihatinkan karena sangat kumuh, berdiri dengan dinding potongan-potongan seng dan tripleks yang sudah usang, menyebabkan jamban-jamban tersebut sangat tidak layak untuk dikategorikan sebagai jamban yang sehat untuk warga sekitar” papar Idang dari Divisi Pemberdayaan BEST-CD. “Bahkan, dibeberapa lokasi jamban, didapati pompa air yang sudah tidak bekerja dan air sumur pompa yang sudah berbau, padahal banyak sekali warga yang bergantung pada jamban tersebut,” lanjutnya.

Warga menyampaikan ucapan terima kasih atas Program Bina Lingkungan Jamban Sehat ini, salah satunya bapak Yayan dari Jalan Arhanduri yang merasa sangat senang setelah jamban yang ia pakai sehari-hari kini jadi lebih bagus, lancar dan sehat.

Seusai peresmian di lima lokasi, Idang pun mengaku senang karena program ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi banyak warga. “Kami juga berterimakasih kepada Rabbani yang telah membantu untuk renovasi dan pembangunan sarana umum di lima titik di Kota Bandung. BEST-CD berharap semoga program ini menjadi tonggak awal kerjasama yang baik sehingga akan ada program-program kerjasama lainnya antara Rabbani dan BEST-CD dalam bidang sosial pada umumnya dan khususnya bidang pemberdayaan masyarakat.” ungkapnya.***