pasca banjir subangSUBANG – Bencana banjir di wilayah jalur pantai utara (pantura) telah berlangsung kurang lebih satu bulan. Saat ini masih banyak daerah-daerah yang masih terkena dampak banjir, diantaranya adalah Kecamatan Pamanukan dan Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang. Berdasarkan pantauan tim BEST CD pada tanggal 6 Februari 2014, di desa Mulyasari Kecamatan Pamanukan tercatat kurang lebih sebanyak 122 KK yang mengungsi tersebar sebagian di Mesjid yang berada tepat di pinggir jalur pantura dan disamping sungai Cipunagara, serta sebagian lagi di bawah jembatan layang Pamanukan. Kondisi pengungsi di wilayah ini cukup memprihatinkan akibat kekurangan makanan yang dikarenakan tidak adanya dapur umum di lokasi pengungsian tersebut.

Selain Kecamatan Pamanukan, Kecamatan Pusakanagara juga sebagian besar wilayahnya masih terendam banjir. Kondisi terakhir di kecamatan tersebut khususnya di dusun Siwalan dan Galian masih dalam kondisi terendam banjir mulai dari 30 centimeter hingga 1 meter, sementara arus air yang menggenanginya cukup deras. Hotib (wakil Kepala Dusun Siwalan) mengungkapkan bahwa banjir yang menggenangi dusun Siwalan dan Galian merupakan akibat dari jebolnya tanggul di Desa Bobos (Makam Panjang), hingga air dari sungai Cipunagara mengalir deras ke dusun Siwalan dan Galian. Kondisi tersebut memaksa sebagian besar penduduk mengungsi ke tempat yang lebih aman terutama ke tempat kerabatnya.

Tim BEST CD mencatat, setidaknya ada 500 KK yang menjadi korban banjir di Dusun Siwalan dan Galian yang sangat membutuhkan bantuan berupa makanan siap saji, obat-obatan terutama salep kulit, alat-alat sekolah, tikar, selimut dan lain sebagainya. Sampai dengan saat ini, bantuan yang sudah datang adalah dari beberapa lembaga berupa pengobatan gratis dan bantuan sembako. Namun dirasa masih belum cukup bagi warga korban banjir di wilayah tersebut. Bantuan dari berbagai pihak memang silih berganti berdatangan pada saat banjir melanda, namun hanya sedikit pihak yang memperhatikan kebutuhan korban pasca banjir melanda.

Donasi bisa disalurkan melalui rekening BEST CD:

Bank Muamalat Indonesia
No. Rek: 101.00955.75
a.n Yayasan Mitra Pemberdayaan Indonesia

Kami juga menerima bantuan berupa barang seperti pakaian, selimut, makanan, dsb.
yang bisa disalurkan langsung ke posko kami.

KONTAK:

  • 022-7501922 (Kantor Best CD)
  • 085659143235 (Setiawan)
  • 085321132875 (Abdul Razak)
  • 081224701600 (Cacah Nurhamsyah)