penghijauanBEST CD – Pelestarian lingkungan yang dicanangkan pemerintah berupa pelestarian alam dan penghijauan kawasan pemukiman saat ini terus digalakan sebagai komitmen mengurangi pemanasan global yang terjadi di muka bumi. Sebagai wujud kepedulian Perusahaan dan Lembaga, upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pelestarian alam dan penghijauan dan penataan kawasan yang terkena bencana banjir bandang, juga menjadi program kelanjutan recovery bencana yang telah dilaksanakan oleh PT.Perusahaan Pengelola Asset (Persero) di kecamatan pameungpeuk dan cikelet   Kabupaten Garut.

Kabupaten Garut dengan potensi yang dimilikinya secara geografis berada di bagian selatan Provinsi Jawa Barat, dengan memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :

  • Sebelah utara berbatasan dengan kab. Bandung
  • Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Cianjur
  • Sebelah selatan berbatasan denga batas alam samudera indonesia.

Wilayah Kabupaten Garut 1.753,27 km2 atau 3,73% dari luas Provinsi Jawa Barat, Luas Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah yang memiliki lahan subur di Jawa Barat, sehingga sebagian besar lahannya digunakan untuk pertanian selain memiliki panjang pantai di pesisir selatan laut jawa. Kabupaten Garut mempunyai kewenangan di wilayah laut sejauh 4 mil laut dengan panjang pantai Kabupaten Karawang ±73 km. kegiatan budi daya yang berada di kawasan laut adalah perikanan laut dan Ekploitasi Migas.

Potensi daerah yang besar, bagi masyarakat kawasan pesisir selatan nelayan ternyata belum dapat dinikmati sebagai penambah pendapatan bagi mereka, karena hingga hari ini mayoritas masyarakat nelayan masih berada dalam katagori keluarga miskin, lemah dalam jenjang pendidikan dan rendahnya kesadaran akan penghijauan serta lingkungan yang tidak bersih disekitar mereka yang pada akhirnya membawa dampak bencana banjir dan lonsor.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, diperlukan peran serta seluruh komponen masyarakat terutama yang berada di wilayah rawan bencana alam yaitu kec. Pameungpeuk dan cikelet. Adanya sinergi antara pemerintah, masyarakat, LSM serta kalangan Swasta menjadi sangat diperlukan.  Untuk itu sangatlah tepat apabila PT PPA ikut berperan dalam memberikan solusi sebagai bukti dan wujud dari tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat (Corporate Social Responsibility).

Menindaklanjuti hasil survey dan pengembangan program di lokasi bekas bencana alam banjir bandang, dimulai dari aliran sungai desa cikelet, cijambe, cimangke dan sampai muara sungai ke laut sepanjang 600 m serta  sekaligus rekomendasi program pemberdayaan masyarakat berupa Penghijauan dan penataan sungai yang sasaran penghijauan dan penataan meliputi :

  • Belokan sungai yang menghantam warga jika terjadi banjir.
  • Sarana pendidikan
  • Sepanjang Tanggul sungai cikelet

Wilayah kec. Cikelet merupakan wilayah yang berada di pesisir pantai selatan kabupaten Garut propinsi jawa barat, dengan ketinggian 0 samapai dengan 700 meter dari permukaan laut. Karena letak geografisnya dekat dengan pantai maka potensi kedua wilayah tersebut kebanyakan adalah nelayan atau buruh nelayan,beternak  sapi,kambing dan perdanganan kayu.

Secara umum gambaran wilayah yang dapat di sampaikan sebagai pertimbangan digulirkannya program Penghijauan di kawasan ini adalah :

  • Tidak adanya penataan aliran arus sungai yang aman bagi pemukiman masyarakat disekitar bantaran sungai.
  • Masyarakat berpenghasilan yang menggantungkan mata pencaharian terhadap kekayaan alam disekitarnya.
  • Saluran pembuangan air/drainase/gorong gorong utama dan penghubung antar rumah warga tidak ada sehingga banyak air yang tergenang dan menjadi sumber bibit penyakit
  • Di pemukiman warga minim dengan tanaman penghijauan sehingga tampak gersang dan kumuh
  • Tidak adanya penghijauan tumbuhan pantai untuk menjaga keasrian dan menghindari abrasi pantai
  • Hampir disetiap lahan dan rumah masyarakat  terdapat pohon mangga yang tentunya ini merupakan potensi tersendiri bagi nilai tambah masyarakat.
  • Mayoritas tingkat pendidikan masyarakat SD dan SMP

Beberapa program yan telah digulirkan oleh PT. Perusahaan Pengelola Aset diantaranya pemberian bantuan langsung kepada anak sekolah korban banjir bandang berupa perlengkapan alat sekolah,sepatu dan Tas Sekolah