Pelatihan Guru PAUDBANDUNG – Hari Rabu (22/4/2015), Best CD melaksanakan “Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru PAUD” yang berlokasi di Gedung PGRI Jalan Caringin 124 Kota Bandung. Acara ini terlaksana bekerjasama dengan Yayasan Anak Cerdas Ceria Indonesia (YACCI) dan PT. Perusahan Pengelola Aset (PPA). Pelatihan tersebut diikuti 60 orang guru PAUD binaan Best CD dari berbagai wilayah diantaranya wilayah Bandung, Cianjur dan Garut.

Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru PAUD ini diisi oleh Rina Heliawati M.M.Pd., pakar pendidikan PAUD sekaligus dosen salah satu universitas di Bandung dan tim assesor akreditasi untuk jenjang PAUD.

Tyo Setiawan selaku ketua pelaksana memaparkan bahwa pelatihan ini diisi dengan berbagai materi mengenai kurikulum 2013. “Pelatihan ini bertujuan memberikan wawasan teoritis kepada guru-guru PAUD agar dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengelola PAUD. Diharapkan juga bisa memberikan wawasan praktis guru-guru PAUD agar dapat mengelola sekolahnya masing-masing secara lebih baik, ” terangnya.

Pelatihan berjalan menarik karena antara pemateri dengan peserta terjadi dialog interaktif mengenai pengelolaan PAUD. Hal tersebut diakui Sarah Maesaroh, salah satu peserta pelatihan dari Cisarua-Bandung Barat, “Sangat menarik. Pemateri juga sangat piawai dalam menyampaikan materinya dan ice breaking berupa tarian-tarian yang harus diperagakan oleh seluruh peserta. Sehingga pada sesi pertama yang memang banyak membahas mengenai teori, tidak menyebabkan peserta mudah jenuh dan ngantuk,” ungkapnya. “Selain kerja berkelompok, proses pelatihan diisi tanya jawab antara pemateri dengan peserta; ada door prize berupa buku kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari pemateri; tak lupa, pembagian tas untuk peserta. Menyenangkan sekali.” kesannya.

Mela Selvia H.,S.Pd., selaku ketua YACCI mengungkapkan bahwa dalam pelatihan ini juga para peserta diajak mengerjakan penyusunan prota, prosem, penyusunan RPM dan RPPH. “Pelatihan lebih kepada lingkup praktis dimana para peserta secara langsung dilatih untuk menyusun perencanaan pembelajaran untuk PAUD berupa penyusunan protra, prosem, RPM dan RPPH, sehingga para peserta dapat membuat perencanaan pembelajaran dengan lebih baik lagi sesuai arahan dari pemateri.”

”Mudah-mudahan acara ini bisa menyediakan wadah silaturahmi antar guru TK dan PAUD di wilayah Bandung dan sekitarnya sehingga dapat menjadi media untuk saling berbagi wawasan dan pengalaman,” tambahnya.

Tyo Setiawan, dari Best CD, berharap pelatihan untuk guru PAUD bisa lebih intens dilakukan. “Terima kasih buat donatur, dalam hal ini PT. PPA yang masih konsisten mendukung pelatihan-pelatihan untuk masyarakat. Terima kasih saya sampaikan dari para guru untuk PT. PPA, semoga   ke depan bisa  mengadakan pelatihan untuk guru PAUD dengan tema lainnya, mengingat masih banyak keilmuan yang dibutuhkan oleh guru PAUD dalam bidang lainnya untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengelola PAUD.”***