BENQ DIGITAL CAMERACisarua BB Pos – Pelatihan pengolahan jamur yang digelar di pos RW 6 Kp Cisarua Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua pekan lalu diikuti 30 peserta yang bekerjasama dengan BEST Community Development. Andri Safari, sebagai direktur BEST-CD, dalam memberikan arahannya, menegaskan kegiatan ini merupakan aset yang menggunakan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) pelatihan pengolahan budi daya jamur.

Kedepannya diharapkan akan menjadi pelatihan yang bisa mengembangkan prestasi lokal daerah, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan masyarakat bisa mengembang-biakan jamur tersebut yang tadinya kurang berkembang, dengan diadakan pelatihan ini pembibitan jamur bisa lebih berkembang.

“Kalau kita olah dengan terencana akan menjadi lebih baik sehingga harga jamur akan stabil, tidak mengalami penurunan harga,” tandasnya. Usaha pengembang-biakan jamur, dengan harga yang stabil memang cukup menjanjikan.

Program pelatihan dengan materi yang dibahas diantaranya mengenai pembudi-dayaan jamur untuk dibuat crispy, dodol, naged, baso, serta puding. Adapun salah satu yang sudah melaksanakan di bidang usaha tersebut seperti Krispy Hj. Juharyah; Dodol oleh Ika sebagai istri kades. Jamur naged Siti dari Jayagiri Lembang ***

Sumber: Bandung Barat Pos, Edisi 43, Minggu ke-IV 2010