Pelatihan Pengelolaan KeuanganBANDUNG – BEST Community Development (Best CD) bekerjasama dengan BMT Mitra Sadaya melaksanakan pelatihan gratis pengelolaan keuangan untuk masyarakat. Pelatihan ini terlaksana didukung oleh Mien R. Uno Foundation, Prudential, dan Yayasan Mercy Corps Indonesia. Pelaksanaan pelatihan telah berlangsung sejak bulan September di beberapa wilayah. “Sampai saat ini, kami telah beberapa kali melaksanakan pelatihan di beberapa wilayah Kota dan Kabupaten Bandung, diantaranya di Pangalengan, Arjasari dan di Kab. Sumedang.” Ungkap Setiawan, trainer dari BMT Mitra Sadaya.

Abdul Razak, trainer dari Best CD mengungkapkan bahwa dalam proses pelatihan ini masyarakat diajak untuk mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran sehari-hari; mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan dan mampu menetapkan tujuan keuangan mereka di masa yang akan datang. Selain mengajak peserta untuk memahami pentingnya pengelolaan keuangan sehari-hari, peserta pun diajak untuk mengenal produk dan jasa keuangan, mengetahui manfaat dan pentingya menabung dan mengetahui manfaat asuransi.

“Sudah banyak masyarakat yang telah mengikuti pelatihan ini. Ke depan, insya Allah kami masih akan melaksanakan pelatihan tak hanya di wilayah Bandung dan Sumedang saja. Mengenai peserta, pelatihan ini terbuka untuk umum, dengan rentang usia 17 – 59 tahun. Dalam pelatihan ini juga, peserta akan mendapat asuransi gratis dari prudential.” Ungkap Setiawan.

Rima Ismayati, peserta pelatihan dari Pangalengan, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat baginya. “Pelatihan ini menambah ilmu saya. Saya jadi lebih tahu bagaimana mengelola pengeluaran sehari-hari yang baik dan pentingnya menabung. Mudah-mudahan, pelatihan ini ada tindak lanjut khususnya di daerah kami, misalnya ada koperasi simpan pinjam. Dengan adanya koperasi, diharapkan bisa mencegah pinjaman rentenir.”

Tak hanya Rima, rekan peserta lainnya, Ade Irma, menanggapi antusias pelatihan ini dengan positif. “Dengan pelatihan ini, saya jadi ingin maju. Saya jadi paham bagaimana memilah-milah antara keinginan dan kebutuhan biar pengeluaran gak minus terus seperti selama ini. Ya, selain saya mampu mengelola pengeluaran sehari-hari, saya pun jadi termotivasi untuk menabung dan menambah pendapatan, misalnya salah satunya kan dengan dagang kue. Kan saya jadi tahu potensi saya apa, tinggal kapan mulai usahanya.” *** [mifka]

Galeri Foto Pelatihan