Beasiswa TerpaduBANDUNG – Desa Margaluyu merupakan daerah yang terkena gempa cukup parah di  kecamatan pangalengan,  desa ini berada pada ketinggian 700 s/d 1500 mdpl dengan dikelilingi perkebunan teh pasirmalang. Dilihat dari mata pencaharian masyarakat Desa Margaluyu khususnya Kampung Pasirmalang dan Kampung Santoni adalah buruh perkebunan dan tani sayur-sayuran. Sebagaimana daerah pangalengan lainnya Desa Margaluyu mempunyai potensi penghasil sayur-sayuran seperti kentang, cabe, kol. kacang-kacangan dll. Selain itu warga desa banyak pula yang beternak sapi perah.

Ketika terjadi gempa yang cukup kuat, desa ini terkena dampak kerusakan yang cukup parah terutama infrastruktur bangunan rumah, masjid, dan sekolah.  Oleh karena itu banyak masyarakat yang trauma akibat gempa tersebut.

Adapun Desa Lebakwangi merupakan desa yang berada pada wilayah kecamatan Arjasari.  Secara akses kegiatan masyarakat desa ini cukup dekat dengan Kota Banjaran yang jika dilihat dari kegiatan ekonominya cukup maju. Sama halnya dengan daerah yang terkena gempa lainnya, desa ini merupakan yang cukup parah terkena gempa di wilayah Kecamatan Arjasari.

Kampung Pasirmenteng sendiri merupakan daerah yang berada di desa Lebakwangi dimana lokasinya cukup terpencil dan tidak banyak diketahui kerusakan akibat gempa. Oleh karenanya sedikit sekali bantuan-bantuan yang diterima oleh masyarakat disana, bahkan sampai dengan sekarang infrastruktur dalam hal ini rumah ibadah (masjid) belum bisa dibangun karena rata dengan tanah dan masyarakat sendiri tidak sanggup untuk membangunnya kembali.

Pasca-bencana tersebut, hari Jum’at (14/5), Best CD bekerjasama dengan Baitul Maal Muamalat (BMM) melaksanakan program bantuan sosial berupa Launching Bantuan Beasiswa dan Peresmian Masjid.  Kegiatan launching dimulai pukul 01.00-17.00 dengan peresmian tiga buah masjid di Ds. Margaluyu Kab. Bandung, dilanjutkan dengan Pemberian beasiswa untuk 100 orang siswa pada dua tempat dan Tabligh Akbar. Kegiatan selanjutnya yaitu pembagian paket beasiswa yang dilaksanakan di Lebakwangi, Arjasari.***