klaster sapi potongCIKELET, (GE).- Kese- riusan upaya pengendalian harga komoditas utama penyumbang inflasi demi mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, ditunjukkan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat melalui penandatanganan Me­morandum of Understanding (MoU) pengembangan klaster sapi potong dengan Pemda Kabupaten Garut di Kampung Pataruman Desa Cijambe Kecamatan Cikelet, Selasa (25/8) lalu.

MoU yang merupakan landasan hukum pelaksanaan program pengembangan klaster sapi potong tersebut ditandangani Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cabang Jawa Barat, Rosmaya Hadi dan Bupati Garut, Rudy Gunawan. Dimana sebelumnya BI telah memberikan bantuan kepada Kelompok Tani Ternak Garu Harapan Jaya berupa kandang komunal, kandang jepit, sarana pengolahan biogas dan sumur artesis.

Dalam sambutannya, Rosmaya Hadi mengharapkan bantuan yang telah diberikan BI kepada kelompok unggulan di Kecamatan Cikelet ini mampu mendorong peningkatan produksi ternak. Bahkan ditambahkan Rosmaya, kelompok yang diketuai Saeful Anwar dengan memelihara 84 ekor sapi ini dinilai BI begitu serius merawat ternaknya. “Berkat kesungguhan dan kerja keras, mereka bisa menghasilkan produksi selain ternak. Apalagi setelah mendapat bantuan fasiltas pengembangan usaha dari BI. Tentunya produktivitas usaha kelompok ini diharapkan semakin meningkat lagi,” harapnya.

Dijelaskan Rosmaya, da­lam upaya pengembangan pembinaan dan pemenuhan kebutuhan sapi potong di Jawa Barat yang sangat tinggi, tidak menutup kemungkinan bantuan semacam ini bisa diberikan ke­pada kelompok lain yang tertarik dan dinilai bersungguh-sungguh dalam memelihara ternaknya serta mempunyai keinginan untuk maju.

Dalam sehari, tandas Rosmaya, dari 46 juta penduduk Jawa Barat membutuhkan sebanyak 2.500 ekor sapi. “Produksi lokal di Jawa Barat sendiri baru memenuhi 30% kebutuhan dari keseluruhan konsumsi Jawa Barat yang mencapai 600.000 ekor sapi per ta- hun. “Sedangkan 30% lainnya adalah sapi yang berasal dari Jawa Tengah, NTT dan wilayah Indonesia lainnya, sementara 40% sisanya merupakan sapi impor,” jelasnya.

Upaya yang dilakukan BI Perwakilan Jawa Barat ini disambut suka cita masyarakat, terlebih bagi Bupati Garut, Rudy Guna­wan yang tengah gencar membangun Kabupaten Garut di berbagai sektor. Khususnya perbaikan infrastruktur Garut selatan. Bantuan ini, kata Rudy sangat bermanfaat dalam mengembangkan sektor ekonomi masyarakat. “Ini me­rupakan akses untuk memperluas skala usaha peternak sapi sehingga lebih produktif, imbasnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Optimis Tingkatkan Produktifitas

ANUGRAH yang diraih Kelompok Tani Ternak Garu Harapan Jaya di Kampung Pataruman Desa Cijambe Kecamatan Cikelet berupa kandang komunal, kandang jepit, sarana pengolahan bio gas dan sumur artesis dari Bank Indo­nesia Cabang Jawa Barat itu dinilai sangat berman­faat.

Bantuan tersebut ternyata mampu mendongkrak semangat para peternak dalam melipatgandakan pundi-pundi harapan hari esok lebih baik melalui ter­nak sapi yang telah lama mereka pelihara. Sekaligus merubah pola pemeliharaan sesuai sarat keilmuan. “Dengan sarana pemeliharaan ternak yang lengkap ditambah ilmu beternak sapi yang mumpuni dari Bank Indonesia, kami opti­mis dapat meningkatkan produktifitas peternakan,” tutur Ketua Kelompok Garu Harapan Jaya, Saeful Anwar, Selasa (25/8) lalu.

Dulu, kata Anwar, sete­lah merumput, sapi-sapi peliharaan milik 14 orang anggota kelompok itu di tambatkan di belakang ru mah atau di kebun sekitar perkampungan yang selain dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan lingkungan, kelangsungan pe­ternakan pun terancam punah. Berkat kepedulian BI melalui lembaga pemberdayaan masyarakat Best-CD Bandung, lanjut Anwar, sapi-sapi peliharaan kini nyaman berteduh, menikmati pakan terpilih di bawah naungan bangunan bantuan BI.

Kebanggan dan optimisme Kelompok Garu Harapan Jaya kian menjadi, selain kelompoknya ter­pilih sebagai penerima ban­tuan, terlebih dikunjungi pejabat BI dan Bupati terkait penandatanganan MoU pengembangan klas­ter sapi potong. “Kami bertekad memanfaatkan amanah ini sebaik- baiknya,” ujar Anwar. (Ridwan)***

Sumber: Garut Express