100E3365BANDUNG – Best Community Development (Best CD) bekerjasama dengan Baitul Maal Muamalat (BMM) melaksanakan program Berbagi Cahaya Ramadhan di 4 lokasi di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Program Sahur, Buka Puasa, dan Lebaran (SBL) ini dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut (30/7/2013–2/8/2013). Selama 4 hari tersebut, Best CD dan BMM berbagi kebahagiaan bersama mereka yang berhak mendapatkannya, khususnya di wilayah-wilayah yang selama ini menjadi wilayah binaan Best CD dan BMM, seperti Pangalengan, Arjasari, Baleendah dan Cililin. Adapun program yang dilaksanakan adalah buka puasa dan penyerahan paket lebaran kepada lebih dari 250 orang mustahik yang ada di wilayah Bandung.

“Melalui program ini, BMM bekerjasama dengan Best CD menyelenggarakan buka puasa bersama dan memberikan santunan berupa paket lebaran kepada mereka yang termasuk anak yatim dan fakir miskin.” ujar Abdul Razak dari Best CD.  “Diharapkan dengan program ini para anak yatim dan fakir miskin di sekitar wilayah binaan Best CD dan BMM dapat turut serta merasakan kebahagiaan di bulan suci Ramadhan dan beberapa hari menjelang Idul Fitri.” imbuhnya.

Pada Hari pertama, program yang dilaksanakan adalah buka puasa bersama dan simbolisasi penyerahan bantuan perahu serta penyerahan paket lebaran di wilayah Baleendah. Simbolisasi penyerahan bantuan perahu serta paket lebaran dari BMM untuk para korban banjir dan penerima beasiswa di wilayah Baleendah. Simbolisasi penyerahan disampaikan langsung oleh Ustad Nooryanto selaku perwakilan dari BMM. Simbolisasi penyerahan paket lebaran oleh dilanjutkan keesokan harinya di Pangalengan. Acara di wilayah Pangalengan selain dihadiri oleh semua pendamping wilayah juga dihadiri oleh Kepala Desa setempat.

Tyo, manajer operasional Best CD, mengatakan bahwa pembagian paket lebaran untuk wilayah Baleendah dan Pangalengan dilaksanakan di hari ketiga. Pembagian paket kepada para mustahik dibagikan terlebih dahulu di wilayah Pangalengan. Wilayah ini didahulukan karena lokasinya yang cukup jauh dari kantor Best CD. Pada pukul 14.00, giliran para mustahik wilayah Baleendah yang diberikan paket lebaran.

Pada hari keempat, program yang dilaksanakan adalah pembagian paket lebaran untuk wilayah Cililin dan Arjasari. Cililin menjadi destinasi pertama pada hari keempat karena lokasinya yang sangat jauh dari kantor Best CD.Paket lebaran diserahkan langsung oleh Tim Best CD kepada korban bencana longsor. Pembagian disaksilakan langsung oleh pendamping wilayah serta aparat setempat. Di hari yang sama, tim melanjutkan perjalanan ke wilayah Arjasari. “Sebelum pembagian paket lebaran di daerah Arjasari, kami juga membagikan juga 12 paket lebaran ke  tukang becak di wilayah kantor Best CD yang selama ini aktif membantu tim Best CD dalam program SBL ini.” ujar Abdul Razak.

“Tim baru tiba di Arjasari sekitar pukul 19.30. Alhamdulillah, pembagian di lokasi terakhir ini juga berjalan lancar. Kami turut berbahagia karena telah menyampaikan amanat ini kepada mustahik. Masyarakat menyampaikan terima kasihnya kepada Baitul Maal Muamalat karena telah berbagi di bulan Ramadhan ini. Insya Allah, Ramadhan ini menjadi kebahagiaan kita bersama.” imbuhnya.***