Bantuan PT. PPAKAB. GARUT – Pada hari Senin (29/12/2014), perwakilan PT. Perusahaan Pengelola Aset (PPA) dan Best Community Development (Best-CD) berkunjung ke Yayasan Al-Ittihaad, di kampung Baru Bandung, desa Mekarjaya, kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Kunjungan tersebut untuk melihat kondisi terakhir pondok pesantren pasca banjir bandang akibat luapan air sungai yang menerjang wilayah tersebut, pada hari Selasa (9/12/2014) silam.

“Yayasan Al-Ittihaad yang memiliki sekitar 657 santri adalah salah satu lokasi yang terkena dampak banjir bandang. Kunjungan ini juga sekaligus penyerahan bantuan tahap 2 dari beberapa donatur diantaranya peralatan sekolah untuk 226 santri MTs. Al-Ittihaad dari mitra kami, yaitu PT. PPA dan paket al-Qur’an dari BMT Dinar, ” ungkap Tyo Setiawan, manajer operasional Best-CD. Penyerahan paket pendidikan secara simbolis dilakukan langsung oleh Bpk. Yogo Wicaksono dari PT. PPA,  Bpk. Andri Safari, selaku direktur Best CD dan Bpk. Dedi Wandi, perwakilan dari Baitulmaal Mitra Sadaya (BMS).  Penyerahan tersebut juga dihadiri oleh KH. Odin Ismail MFD, selaku ketua Yayasan dan pengurus lainnya.

Kepala Sekolah MTs Al-Ittihaad, Ustadz Yamin Rohimat mengatakan, banjir bandang mengakibatkan 11 ruangan kelas, kantin, asrama dan mushola yang berada di lantai dasar tergenang air dan lumpur. “Air merendam ruang kelas. Buku dan fasilitas di lantai dasar rusak dan yang lainnya ikut hanyut terbawa banjir, menyisakan lumpur dan puing-puing di halaman dan ruangan. Bersyukur tidak ada korban jiwa.”

Dalam kondisi seperti itu, tambah Ustadz Yamin, ratusan santri mulai dari tingkat Tsanawiyah (SMP) hingga Aliyah (SMA) terpaksa diliburkan dan dihentikan sementara dalam kegiatan ujian akhir semester. “Untuk santri Ibtidaiyah (SD) masih menjalankan uas dan terpaksa kami titipkan menumpang di sekolah lain. Untuk santri yang diliburkan, ikut bergotong royong untuk membersihkan puing-puing dan ruangan yang tergenang lumpur. Meski kami masih khawatir banjir susulan datang lagi bila terjadi hujan, karena tanggul dan dinding tembok di belakang sekolah sudah jebol, ” paparnya.

Para santri MTs. Ittihaad tampak sumringah mendapat hadiah tas dan peralatan sekolah. Best-CD berharap pemberian paket pendidikan ini bisa menjadi motivasi untuk kembali semangat menjalankan proses belajar-mengajar. “Mudah-mudahan paket pendidikan ini bermanfaat dan kami berharap, dengan paket al-Quran, tas dan peralatan sekolah barunya, mereka tidak bersedih dan kembali semangat belajar,” tutur Tyo.

“Kita berdoa semoga bencana tidak datang lagi. Dalam hal ini, terima kasih dari kami dan pengurus kepada mitra PT. PPA dan BMT Dinar yang sudah memberi bantuan. Ke depan, mudah-mudahan kami bisa menyalurkan bantuan dari mitra kami lagi untuk jenjang pendidikan yang lain di yayasan ini. Apalagi, pengurus yayasan di sini sudah mempunyai produk makanan olahan dari tempe dan budidaya lele yang potensial untuk dikembangkan dan diberdayakan di wilayah ini. ” pungkasnya. ***